Bunga Lotus Bukan Teratai – Morfologi, Faedah, Makna & Cara Tanam


Bunga lotus atau seroja yaitu flora tahunan yang hidup di air. Tanaman ini sering disamakan dengan bunga tertatai walaupun keduanya berlawanan dan tidak berkerabat sama sekali. Persamaannya hanya terletak pada habitat hidupnya yang berkembang di tanah berlumpur atau diatas air.





Bunga seroja menghasilkan aroma bau dengan daun lebar mengapung di permukaan air. Bunga nan elok ini sudah menjadi simbol kesucian serta memiliki faedah selaku obat herbal yang ampuh untuk banyak sekali penyakit. Biji bunga lotus juga berguna selaku bahan makanan.





Selain berkembang liar di hutan rawa atau danau, para pecinta flora hias seringkali menanam bunga ini untuk menghiasi bak-bak.






Taksonomi





Bunga lotus secara ilmiah masuk ke dalam genus Nelumbo, sedangkan teratai berasal dari genus Nymphaea. Klasifikasi inilah yang menyatakan bila teratai sama sekali tidak berkerabat dengan seroja.





KingdomPlantae
Divisi:Magnoliophyta
Kelas:Magnoliopsida
Ordo:Proteales
Famili:Nelumbonaceae
Genus:Nelumbo
Spesies:Nelumbo nucifera




Sebelum bernama ilmiah tersebut, bunga seroja pernah dikenal dengan sebutan binomial lain, seperti Nelumbium speciosum (Willd.) atau Nymphaea nelumbo.





Asal





Seroja atau lotus dikenal sebagai tumbuhan air yang berasal dari India dan menjadi lambang negara ini. Namun jauh sebelum itu, di zaman mesir kuno bunga seroja sudah berkembang bahu-membahu dengan teratai spesies Nymphaea caerulea di perairan sungai Nil, sungai terpanjang di dunia. Pada zaman Firaun, bunga lotus sungguh dimuliakan, sehingga bentuk bunga, buah dan daunnya menjadi bagian dari motif arsitektur bangunan kuil.





Sebaran





Sebelum sampai ke India, bunga lotus apalagi dahulu menyebar ke Assiria atau Irak lalu menyebar dan tumbuh di Persia atau Iran, India dan Tiongkok. Sebaran bunga seroja ke daratan Eropa terjadi pada tahun 1787 dikala Sir Joseph Banks menjinjing bunga ini ke Eropa Barat untuk ditanam di sebuah rumah beling pada salah satu kebun raya.





bunga lotus




Dalam kebudayaan Hindu, lotus melambangkan sifat-sifat tertentu, antara lain:





  • Lotus putih yang memiliki arti kemurnian asumsi dan ketenangan sifat insan dan kesempurnaan spiritual.
  • Lotus merah menjadi simbol kasih tanpa pamrih, gairah, kasih sayang serta kebaikan sesuai anutan Hindu kuni yang disebut Avatara Kalki.
  • Lotus merah muda melambangkan sebagai tempat tertinggi, suci serta terhormat. Hal ini terlihat dari semua tuhan Hindu yang digambarkan duduk diatas lotus merah muda karena telah mencapai pencerahan tertinggi.
  • Lotus biru memiliki arti selaku sumber pengetahuan.




Kepercayaan lain kepada bunga lotus juga dipegang oleh penduduk Mesir sebab dianggap sebagai lambang kontrol atas anggapan dan semangat dalam melepas sikap materialistis dalam hidup untuk mencapai kesempurnaan jiwa.





Selain itu, sampai saat ini orang-orang Budha dan China menyebabkan bunga seroja selaku ilham karya seni, arsitektur dan desain bangunan. Di Indonesia tanaman ini diketahui dengan nama bunga seroja dan dalam bahasa Inggris berjulukan Indian lotus, sacred lotus, dan bean of India.





Habitat





Bunga lotus berkembang hampir pada semua iklim, kecuali iklim hambar yang mengakibatkan air membeku. Meski lotus berkembang mengambang di permukaan air, namun tata cara perakaran lotus berkembang kebawah sampai menyentuh tanah atau lumpur untuk menyerap kandungan nutrisi dan unsur hara.





Tanaman ini membutuhkan sinar matahari secara langsung, tidak terlalu berangin, serta menggemari perairan yang arusnya tidak terlampau deras dan condong hening.





Morfologi





Tangkai lotus berbentuk tabung kosong yang pada bab tengahnya terdapat ruang untuk pemikiran udara. Daun lotus mengambang di permukaan air dan mengeluarkan tangkai pada bab rimpang yang berasald ari dalam lumpur dasar kolam, sungai, atau rawa. Tumbuhan seroja dapat berkembang sampai 1 atau 1,5 meter.





daun lotus




Daun bunga lotus berupa lingkaran tanpa pecahan dengan bab tepi yang bergelombang. Diameter ukurannya mencapai 60 cm dengan urat daun yang berkumpul ke tengah. Terdapat semacam lapisan lilin seperta daun talas yang menyebabkan air yang jatuh di permukaan daun akan membentuk butiran air.





Bunga lotus berukuran diameter sampai 20 cm, berwarna putih higienis, kuning, merah, merah muda, dan biru tergantung kultivarnya. Bunga timbul dari tangkai yang menjulang di atas permukaan air dan bermekaran pada bulan Juli hingga Agustus.





Perbedaan Bunga Lotus dan Teratai





Walau sering disamakan, bunga lotus dan bunga teratai mempunyai perbedaan yang mampu dilihat dari bentuk morfologinya. Perbedaan bunga seroja dan bunga teratai ialah sebagai berikut:





  • Kelopak Bunga




Kelopak bunga lotus berupa agak bundar dan besar dengan bentuk tidak beraturan dan tidak terlampau banyak. Warna bunganya bervariasi antara kuning, putih, dan merah muda.





Sedangkan bunga teratai mempunyai ukuran kelopak panjang dan runcing, serta bertumpuk rapi. Warna bunga teratai lebih bermacam-macam, mulai dari putih, kuning, merah muda, ungu yang saling tercampur.





  • Bentuk Batang




Batang lotus tumbuh keatas dengan panjang rata-rata satu meter, atau sampai 1,5 meter. Bunga seroja tidaklah mengambang di atas air. Sementara itu, bunga teratai memiliki batang yang tidak menjulang dan bunganya tetap mengambang di permukaan air.





  • Bentuk Daun




Daun lotus bentuknya bulat tanpa kepingan dan bab tepinya bergelombang dengan warna permukaan daun atas dan bawah sama. Daun lotus juga memiliki lapisan lilin mirip daun kelor.





Berbeda dengan daun teratai yang mempunyai pecahan pada satu sisinya meski sama-sama berbentuk bundar. Bagian tepi daun teratai bergerigi dan warnanya cenderung keunguan pada bagian bawah dan atas permukaan daun.





Manfaat Bunga Seroja





Selain indah secara visual selaku penghias bak, bunga lotus juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan lain. Orang Jepang, China dan India mengambil rimpangnya untuk dimasak dan dimakan. Namun dalam proses memasak rimpang mesti ditentukan matang alasannya mampu menjadi sumber penularan benalu Trematoda.





Biji lotus kaya akan kandungan tepung sehingga dapat diolah menjadi bahan masakan. Biji bunga mampu direbus kemudian dihalusdan dan diaduk gula untuk menjadi isian kudapan manis bulan.





Bongkol atau batang lotus yang berlubang-lubang mampu dikeringkan selaku bahan baku kerajinan. Sedangkan daun bunga seroja sering digunakan sebagai pembungkus, misalnya bungkus ikan di pasar tradisional di desa-desa.





Selain itu, faedah bunga lotus juga mampu dipakai untuk bidang kesehatan. Manfaat ini diperoleh dari kandungan protein tinggi bijinya yang berfungsi selaku ramuan obat tradisional, antara lain:





  1. Mengatasi Jantung Koroner
  2. Meredakan Hipertensi
  3. Mengobati Mimisan
  4. Mengobati Sakit Kepala
  5. Meningkatkan Stamina
  6. Mengobati Liver dan Empedu
  7. Menyembuhkan Step
  8. Mengurangi Insomnia
  9. Mencegah dan Mengobati Hepatitis
  10. Mengobati Lambung dan Usus
  11. Menghaluskan Kulit
  12. Mengobati Batuk dan Muntah Darah
  13. Mengobati Disentri
  14. Mengatasi Penyumbatan Pembuluh Darah
  15. Menghentikan Pendarahan




Filosofi Bunga Lotus





Bunga bagus ini memiliki arti filosofis bagi sebagian orang. Makna tersebut diambil dari habitat bunga yang berkembang di lingkungan kotor yang menjadi sumber penyakit tetapi tetap menghasilkan keindahan melalui bunganya.





Kondisi tersebut mengartikan jikalau lingkungan yang buruk tidaklah menjadi argumentasi yang membuat seseorang turut berperilaku jelek.





Budidaya & Cara Tanam





Untuk dapat menikmati keindahan bunga lotus, setidaknya diharapkan waktu dua bulan dari penanaman bibit. Cara menanam lotus cukup mudah, hanya perlu kecermatan mulai dari tahap awal kurun tanam. Berikut ini yaitu cara menanam bunga lotus lewat bijinya, ialah:





menanam lotus




1. Benih Lotus





Hal pertama yang hari dilakukan yakni mempersiapkan bening. Agar mutu benih yang kita dapatkan terjamin dan unggul, kita dapat membelinya di toko bibit bunga.





Namun jikalau menerima benih bunga dari seroja indukan, maka benih dapat berasal dari biji lotus. Buka biji menggunakan gunting atau benda tajam lain yang steril, berhati-hatilah semoga tidak tentang embrio dan merusaknya. Setelah itu, biji bunga lotus mampu di semai dan tunggu tumbuh sampai menjadi bibit.





2. Cara Semai





Penyemaian bibit lotus dapat dilaksanakan dengan cara menyiapkan wadah berupa bejana atau yang lain yang mampu difungsikan sebagai bak sesuai jumlah bibit yang hendak ditanam. Isilah wadah ini dengan air higienis.





Masukkan benih lotus pada wadah sampai muncul akar pada biji. Media semai perlu dirawat dengan mengubah airnya 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.





Akar akan tumbuh dari benih sekitar 1 minggu setelah kurun semai. Ciri benih seroja siap tanam yakni benih sudah mempunyai akar lembut sekitar 2 hingga 3 helai, atau sekurangnya berumur 2 ahad. Ciri yang lain yakni sudah tumbuh setinggi 3 sampai 5 cm. Jika telah siap tanam, maka pindahkanlah tanaman ke media tanam kolam yang lebih luas.





3. Media Tanam





Media tanam utama bunga lotus yakni air dan bukan tanah mirip sebagian besar tanaman yang lain. Persiapan yang bisa kita diawali dengan merencanakan wadah atau media tanam berupa kolam yang berisi tanah dan pupuk pada bab dasar kemudian digenangi air. Jika hendak ditanam dalam pot, tentukan pot tidak berlubang atau bocor.





Pilih atau buat media tanam dengan permukaan halus agar tidak mengusik kemajuan daun bunga lotus yang berkembang melebar. Tanamlah lotus ke media tanam dan pastikan akar lotus menyentuh tanah bab dasar dengan meminimalisir air kalau permukaannya terlalu tinggi. Agar flora lotus tumbuh maksimal, kita mampu memberikan pupuk selang 2 minggu sesudah pemindahan.





4. Merawat Bunga Lotus





Agar lotus cepat berbunga dan tumbuh dengan baik, perawatan yang mampu diberikan meliputi penempatan tumbuhan di daerah yang terkena sinar matahari secara pribadi. Selain itu, tentukan lokasi tumbuhan lootus jarang terkena angin agar tangkai lotus tidak gampang patah.





Semportkan pestisidan setidaknya 2 ahad sekali biar penyakit mirip kutu daun tidak menyerang daun lotus saat demam isu hujan. Pupuk yang diberikan semestinya adalah pupuk cari sekitar 2 bulan sekali biar unsur hara flora terpenuhi.





Jika terdapat daun seroja yang layu, mati dan mengering maka secepatnya pangkas semoga tumbuhan tetap terlihat elok. Agar media tanam bunga lotus tidak menjadi sarang nyamuk, kita mampu mengisinya dengan ikan yang memiliki kegunaan untuk mengkonsumsi jentik-jentik nyamuk.


Comments

Popular posts from this blog

Bunga Saffron – Taksonomi, Morfologi, Sejarah, 11 Faedah & Harga

coloring pages adults halloween Crafts,actvities and worksheets for preschool,toddler and kindergarten

Pengertian Elastisitas Permintaan